Rabu, 04 Oktober 2017

Artikel Ini Cocok Buat Kamu Yang Ingin Tahu Tentang IELTS Lebih Dalam

Bagi kamu yang sedang asyik belajar bahasa inggris baik itu di lembaga-lembaga kursus maupun yang sedang melanjutkan studi ke tingkat lebih tinggi, sebaiknya kamu mengetahui jenis-jenis tes kemampuan bahasa inggris, agar kamu bisa lebih percaya diri lagi dalam berbicara bahasa inggris.

Mungkin diantara kalian sudah banyak yang mengenal tentang TOEFL atau Test of English Foreign Language. Untuk uji kemampuan bahasa inggris ini memang sudah sangat dikenal di masyarakat khususnya bagi kamu yang sedang belajar bahasa inggris.

Nah, bagaimana dengan IELTS? Apakah kamu pernah mendengar tes IELTS? Bisa jadi kamu adalah salah satu dari mereka yang belum tahu tentang apa itu IELTS, apakah sama dengan TOEFL?

Secara umum, IELTS atau Internation English Language Testing System tidak jauh beda dengan TOEFL,tapi ada juga beberapa hal yang berbeda, yuk, kita cari tahu apa aja sih yang perlu diketahui tentang IELTS. Berikut ulasannya.

1    1. Tahapan proses pendaftaran IELTS
Bagi yang ingin mendaftar, proses yang dilakukan tidak berbeda dengan pendaftaran TOEFL yakni kamu hanya perlu mendatangi lembaga kursus yang memang menyediakan pelayanan IELTS dengan membawa persyaratan yang diperlukan, atau bisa secara online. Saat ini juga udah banyak kok lembaga-lembaga kursus yang memiliki website resmi untuk memudahkan para customer nya melakukan pendaftaran secara online, sehingga kamu tidak perlu datang ke TKP atau lokasi dimana lembaga kursus tersebut berada. Bahkan di beberapa website resmi tersebut, kamu bisa langsung melakukan tes kemampuan bahasa inggris IELTS kamu di website tersebut. mudah kan?

1    2. Jenis IELTS yang perlu diketahui

Memang mudah untuk bisa membedakan model IELTS, yaitu General Training dan Academic dimana kedua model tersebut memiliki fungsi atau tujuannya masing-masing. Untuk yang ingin mengikuti tes model General Training yang perlu diketahui adalah model tes ini dikhususkan bagi kamu yang ingin melanjutkan studi tingkat diploma atau bagi para imigran asing yang ingin ke luar negeri. Jadi jangan sampai salah pilih, ya! Sebaiknya bagi kamu yang masih berada di tingkat sekolah lebih baik kamu mengambil tes Academic karena model tesnya lebih spesifik dan memang diperuntukan buat kamu yang masih sekolah. Jika kamu bingung untuk menentukan model tes di atas, kamu tidak perlu khawatir, lembaga kursus atau pihak penyelenggara IELTS biasanya memfasilitasi apabila memiliki pertanyaan-pertanyaan seputar IELTS, jadi kamu bisa langsung bertanya tentang kendala atau pertanyaan yang masih mengganjal dalam pikiran kamu, sehingga kamu bisa lebih yakin untuk mengikuti tes kemampuan bahasa inggris ini.

1   3. Kompetensi yang diujikan dalam tes IELTS



Untuk kompetensi yang diujikan baik General Training maupun Academic sama yaitu Listening, Speaking, Reading dan Writing. Nah, informasi tambahan buat kamu yang ingin melakukan tes IELTS, khusus untuk IELTS, yang menguji tes kompetensi Speaking adalah dari Native speaker langsung lho!Jadi mulai sekarang kamu harus sering berbicara sama orang Bule ya, friend. 


      4. Durasi waktu yang diperlukan pada saat tes IELTS



Untuk durasi yang diperlukan selama melakukan tes IELTS dibutuhkan kurang lebih sekitar 2 jam 45 menit dan itu belum termasuk tes speaking, karena biasanya khusus untuk tes speaking diadakan terpisah tergantung pada prosedur masing-masing lembaga kursus, bisa jadi pada hari itu kamu langsung tes speaking, tapi biasanya sih harus menunggu paling lama 3 hari dari kamu menyelesaikan tes kompetensi yang lainnya. 
Untuk masing-masing durasi dari tiap-tiap kompetensi yaitu Writing dengan waktu 60 menit, Reading 60 menit sedangkan untuk listening 45 menit. Nah, untuk kompetensi Speaking diberikan waktu sekitar 11-14 menit.

1    5. Proses penilaian

Untuk proses penilaian, setiap kompetensi akan diberikan nilai antara 1 hingga 9 dengan selisih kenaikan angka sebesar 0,5. Untuk nilai minimal yang dibutuhkan atau nilai yang harus dicapai tergantung dari masing-masing lembaga atau instansi penyelenggara IELTS pada setiap kompetensinya.

Hasil perolehan nilai ditentukan dari sejauh mana kamu mengetahui tentang tes kompetensi bahasa inggris kamu. Jadi sebelum mengikuti tes baik IELTS maupun TOEFL, sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu tentang tes kemampuan tersebut agar kamu tidak melakukan kesalahan pada saat tes berlangsung. Tetap semangat ya, friend!

 
 



0 komentar:

Posting Komentar