Kamis, 12 Oktober 2017

Beberapa Ekspresi Yang Dapat Membantu Kamu Menemukan Ide Pada Saat melakukan tes Speaking IELTS



Meskipun rasa percaya diri sudah ada dalam diri kamu untuk melakukan tes IELTS, namun terkadang pertanyaan yang diberikan membuat kamu harus berpikir ekstra untuk menjawabnya. Berikut ulasan mengenai hal-hal yang dapat membantu kamu dalam menemukan ide agar kamu terlihat lebih profesional dalam menjawab pertanyaan yang diberikan pada saat tes IELTS.
1.      Merasa ragu untuk menjawab, kamu bisa mengulur waktu dengan menggunakan kata-kata ini.
Pada saat berada di tengah-tengah sesi Tanya jawab, terkadang kamu mendapatkan soal yang membuat kamu kebingungan untuk menjawab, sehingga kamu membutuhkan waktu untuk berpikir. Daripada hanya diam saja, kamu bisa menyiasatinya dengan menggunakan kata-kata berikut ini:
a.       That’s a good question, memiliki arti pertanyaan yang bagus sekali, maksudnya adalah kamu mengawali jawaban kamu dengan memuji pertanyaan yang diberikan oleh penguji sambil mencari tahu jawaban yang minimal sesuai dengan pertanyaan yang diberikan kepada kamu.
b.      That’s an interesting question, memiliki arti pertanyaan yang menarik, kata-kata tersebut memiliki ungkapan yang sama sesuai dengan poin sebelumnya, yaitu memuji pertanyaan yang diberikan sebelum memulai untuk memberikan jawaban.
c.       Let me think about it, memiliki arti coba saya pikirkan dahulu, maksudnya adalah kamu meminta waktu sejenak untuk menemukan jawaban yang tepat sesuai dengan pertanyaan yang diberikan, hanya saja jangan terlalu lama berpikir sehingga kamu kehabisan waktu untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh penguji karena durasi waktu yang dibutuhkan pada saat IELTS speaking tes hanya 11 sampai 14 menit saja.
d.      Let’s see, kata-kata ini mempunyai beberapa makna yaitu baiklah, coba kita lihat, sebentar,  dan beberapa arti lainnya yang pada intinya seakan-akan kita membutuhkan waktu untuk menjawab atau bisa jadi memberikan definisi bahwa kamu memiliki beberapa opsional untuk menjawab pertanyaan yang diberikan.
Dan masih banyak ekspresi lainnya yang bisa kamu gunakan pada saat kamu membutuhkan waktu untuk berpikir.
2.      Agar informasi yang kamu berikan lebih baik lagi, kamu bisa menyisipkan opini kamu melalui kata-kata ini.
Pertanyaan-pertanyaan seputar opini selalu muncul dalam sesi tanya jawab sehingga kamu harus terlihat menguasai topik pembahasan untuk bisa menjawab opini yang diberikan oleh kamu. Untuk memulainya kamu bisa menggunakan kata-kata ini.
-          I think
-          In my opinion
-          I feel or it feels
-          As far as I am concerned
-          I’d like to explain why
-          It seems that
-          Personally
-          etc.
dari kata-kata tersebut menunjukan bahwa opini yang kamu sampaikan berdasarkan hasil dari pola pikir yang kamu rangkai sendiri, sehingga menjadi suatu kalimat yang bisa menjadi pertimbangan baik oleh si penguji.
3.      Jika kamu ingin memperdalam penjelasan kamu, kata-kata ini bisa menjadi alternatif buat kamu.
Jawaban yang kamu berikan akan terlihat lebih bagus apabila kamu dapat merangkainya dengan baik, jadi langkah ini bisa kamu lakukan apabila penjelasan kamu lebih mendetail.
-          First … second … third …
-          Furthermore
-          As an example
-          For instance
-          etc.
kedalaman definisi yang kamu berikan terkadang bisa membantu kamu dalam memberikan argumen yang lebih jelas, sehingga penguji bisa lebih memahami tentang topik pembicaraan yang kamu berikan.
4.      Apabila kemampuan kamu dibutuhkan untuk memperkuat argumen kamu, kamu bisa mengggunakan kata-kata ini.
Terkadang sebuah pertanyaan muncul mengenai kemampuan yang kamu miliki. Untuk bisa menjawab pertanyaan tersebut, kemampuan kamu bisa diperjelas dengan kata-kata ini.
-          I am able to …
-          I can … or I could …
-          I’d be able to …
-          I am good at …
-          etc.
kamu bisa menjawab apapun tentang kemampuan yang kamu miliki, tapi sebaiknya kemampuan yang akan kamu sebutkan adalah kemampuan yang sesuai dengan topik pembicaraan atau konten yang sedang dibahas pada saat tes IELTS tersebut.

Speaking test atau tes kemampuan berbicara ini dilakukan untuk mengetahui kefasihan kamu dalam menjawab seluruh pertanyaan yang diberikan, selain itu tidak hanya kefasihan saja tetapi bagaimana kamu menjawab tiap-tiap pertanyaan tersebut, sehingga respon kamu juga menjadi pertimbangan untuk menentukan nilai yang harus diberikan pada saat melakukan tes IELTS.

0 komentar:

Posting Komentar