Kamis, 19 Oktober 2017

Beberapa Ekspresi Yang Dapat Membantu Kamu Menemukan Ide Pada Saat melakukan tes Speaking IELTS (part 2)


Agar bisa menambah percaya diri dalam melakukan tes speaking, kamu memang harus perlu tahu tentang berbagai macam ekspresi yang pernah kamu pelajari. Topik sebelumnya pun juga sudah membahas sedikit tentang beberapa ekspresi yang bisa memberikan kamu ide-ide untuk menyusun kata-kata pada saat melakukan tes IELTS. Berikut adalah ekspresi lainnya untuk menambah referensi kamu.

1.    Alasan dari setiap penjelasan kamu sangat dibutuhkan untuk memperluas makna, sehingga kamu bisa menggunakan kata-kata ini.
Pada waktu menyampaikan informasi untuk merespon pertanyaan yang diberikan, sering kali suatu alasan diberikan untuk memperkuat argumentasi yang kamu sampaikan. Biasanya, ekspresi yang sering kamu gunakan adalah kata because atau because of. Namun sebenarnya kamu bisa mengekspresikan dengan menggunakan kata-kata yang lain lho, Seperti.
a.       For this reason
b.      As a result
c.       Due to
d.      If this occurs, then …
e.       etc.
Nah, sekarang kamu sudah bisa mencoba untuk menggunakan ekspresi di atas. Tapi, jangan terlalu dipaksakan, sesuaikan kata-kata yang kamu gunakan untuk menghubungkan kalimat sebelumnya. Karena kalau dipaksakan bisa jadi justru malah membuat kalimat kamu terlihat kurang menarik.
2.    Terkadang opini yang berbeda juga diperlukan dalam merespon pertanyaan IELTS speaking test, kata-kata ini bisa menjadi referensi kamu untuk menyatakan opini tersebut.
Pertanyaan tentang opini sangat sering dipertanyakan pada tes IELTS, sehingga kamu harus mempersiapkan berbagai macam opini yang berkaitan dengan pertanyaan yang diberikan. Nah, untuk mengungkapkan opini yang akan kamu sampaikan, kamu bisa menggunakan ekspresi berikut ini.
a.       In my opinion
b.      Personally
c.       I would prefer/be
d.      As far as I am concerned
e.       I’d like to explain why
f.       etc.
dengan memberikan opini, berarti kamu telah membuktikan diri kamu bahwa kamu mempunyai wawasan yang luas berkaitan dengan pertanyaan yang diberikan. Sekedar pengetahuan tambahan buat kamu, bahwa untuk memberikan opini tidak mesti opini yang bersifat positif, terkadang opini negatif pun bisa kamu berikan, asalkan opini tersebut bisa memberikan gambaran atau paparan yang mampu diterima oleh sang penguji IELTS. Intinya opini tersebut tidak membuat kamu menjadi kendala dalam merangkai kata selanjutnya atau malah terkesan kamu sedang mengarang cerita. So, cari opini yang sederhana namun memberikan jawaban yang masuk akal dan sesuai dengan pertanyaan yang diberikan kepada kamu.
3.    Penekanan dalam suatu konten bisa sangat berguna, jadi pilihan kata-kata ini bisa kamu gunakan.
Mempertegas atau menekankan suatu konteks kalimat bisa jadi merupakan suatu hal yang baik buat kamu sebagai tanda bahwa penekanan suatu kata atau kalimat memiliki makna mengenai informasi penting yang ingin ditunjukkan oleh kamu. Penekanan kata atau kalimat tersebut harus sangat jelas perbedaannya sehingga si penguji akan mengetahui bahwa kalimat tersebut merupakan kalimat yang akan menjadi poin penting terhadap respon pertanyaan yang diberikan. Oleh karena itu, kamu harus mencoba ekspresi berikut untuk membantu kamu dalam membedakan penekanan kata tersebut. berikut diantaranya.
a.       Obviously
b.      Definitely
c.       Extremely
d.      Indeed
e.       Absolutely
f.       Positively
g.      Certainly
h.      etc.
dengan menggunakan ekspresi tersebut di atas, kamu bisa menyatakan bahwa kalimat selanjutnya adalah kalimat pernyataan yang bersifat penting untuk diberikan kepada penguji soal Speaking pada program IELTS. Namun, sering kali ekspresi penekanan ini kurang disadari oleh penguji mengingat intonasi yang kamu gunakan kurang menggambarkan atau memaparkan penekanan kata, karena intonasi juga mempengaruhi hasil dari penekanan kata tersebut. jadi, cobalah untuk melatih intonasi kamu sebelum kamu melakukan tes Speaking IELTS.
4.    Sering kali pertanyaan yang muncul berupa opini yang mengharuskan kamu harus memilih, jadi kata-kata ini mungkin bisa membantumu.
Untuk pertanyaan yang sifatnya optional atau pilihan menjadi pertanyaan favorit bagi penguji tes Speaking IELTS, karena pertanyaannya selain dianggap mudah namun sulit untuk dijawab oleh kamu karena mungkin saja kamu merasa model pertanyaan tersebut harus ditentukan dengan baik karena kalau kamu salah pilih, bisa membuat kamu kehilangan kesempatan untuk mendapatkan nilai yang besar karena kamu tidak bisa menjelaskan apa yang telah kamu pilih.
Hal berikut merupakan langkah awal buat kamu untuk memulai menjawab pertanyaan model pilihan ini.
a.       ….. is the better alternative
b.      ….. is a good preference
c.       ….. is a nice choice
d.      ….. Might be the better option
e.       ….. Makes it a better policy
f.       etc.
pilihan ekspresi di atas bisa menjadi susunan kata yang membuat kamu lebih yakin dalam memilih salah satu pilihan apabila pertanyaan yang diberikan dalam bentuk optional atau pilihan. Dengan kata lain, kamu harus yakin kalau pilihan jawaban kamu adalah yang tepat, sehingga alasan yang akan kamu berikan merupakan alasan atau argumentasi yang sesuai dengan pengalaman pribadi kamu atau wawasan yang kamu miliki.
Yang perlu kamu ketahui bahwa tidak ada yang salah dalam memilih salah satu pilihan pertanyaan tersebut, yang terpenting adalah apapun pilihan kamu, berarti kamu harus bisa menjelaskan pilihan kamu itu. Jadi terus berlatih untuk bisa merespon pertanyaan dengan maksimal.

Dari keseluruhan ekspresi yang telah kamu pelajari tentunya akan sangat berguna buat kamu dalam menjawab soal-soal yang diberikan kepada kamu, yang harus kamu lakukan sekarang adalah melatih diri kamu untuk merespon segala pertanyaan dengan menggunakan ekspresi yang telah kamu pelajari dan jangan lupa untuk melatih intonasi suara kamu agar ekspresi yang kamu gunakan menjadi lebih baik lagi.


0 komentar:

Posting Komentar