Minggu, 15 Oktober 2017

Pemahaman Dasar Tentang IELTS




Whatsup guys,, Sebelumnya aku mau tanya dulu nih. Siapa sih diantara kalian yang paham tentang IELTS ? atau mungkin beberapa diantara kalian ada yang udah pernah nyoba IELTS ? tapi buat kalian yang belum pernah nyoba atau bahkan mungkin masih awam dengan istilah IELTS, don’t worry guys.. karena dikesempatan kali ini aku mau bahas pemahaman dasar tentang IELTS.

So,, IELTS itu apa sih ??  IELTS merupakan singkatan dari International English Language Testing System yang artinya sebuah tes kemahiran bahasa Inggris yang membuktikan kalau kalian memiliki standar tertentu dalam bahasa Inggris, baik untuk tujuan bekerja ataupun belajar. Tes yang akan dijalani untuk mengetahui empat keterampilan berbahasa yaitu mendengarkan, membaca, berbicara dan menulis. Mungkin kalian bertanya-tanya, kalau gitu apa bedanya IELTS sama TOEFL ? Well, aku akan coba sedikit kasih gambaran tentang perbedaan antara keduanya.

Kalau kita lihat dari sisi lokasi, IELTS dan TOEFL itu udah beda guys yang mana IELTS diterima oleh institusi yang ada di negara Inggris, Australia, dan Selandia Baru, sedangkan TOEFL umumnya diminta oleh universitas di Amerika Serikat dan Kanada. Yah, meskipun sekarang banyak juga sih universitas yang sudah mau menerima kedua jenis tes ini. Namun sebaiknya cek kembali mengenai syarat khusus yang diminta oleh universitas kamu agar kamu dapat mengambil jenis tes yang tepat.

Adanya perbedaan lokasi antara IELTS dengan TOEFL menjadi faktor penyebab Bahasa Inggris yang digunakanpun menjadi berbeda. Untuk IELTS Bahasa Inggris yang digunakan adalah Bahasa Inggris British, sedangkan untuk TOEFL Bahasa Inggris yang digunakan adalah Bahasa Inggris Amerika. Meskipun diantara kedua jenis bahasa ini relatif sama, namun ada beberapa ejaan, idiom, dan logat yang berbeda diantara keduanya. 

Dari metode tes yang digunakan, antara IELTS dan TOEFL juga berbeda. Pada tes IELTS kamu akan diminta untuk menulis dengan tangan semua jawaban kamu dan untuk bagian “speaking section” kamu akan dinilai langsung oleh orang yang akan mendengar jawaban kamu. Sedangkan pada TOEFL IBT contohnya kamu hanya akan diminta untuk merekam semua jawaban kamu di komputer tanpa harus repot-repot menulis jawaban dengan tangan. Untuk cara penilain tesnya seperti apa ? Kalau pada TOEFL IBT yang terbaru kalian bisa memiliki nilai maksimum sampai diangka total 120, yang mana untuk masing - masing bagian (Reading, Listening, Speaking, dan Writing) mendapatkan nilai 30. Sedangkan untuk IELTS masing – masing bagian memiliki range nilai 0 – 9 yang kemudian nilai dari masing – masing bagian tersebut di rata – ratakan menjadi nilai akhir dalam skala 0 – 9.0. Semakin tinggi nilai yang kamu dapat semakin mengindikasikan kemampuan kalian dalam berbahasa Inggris.

Mungkin kalian bertanya-tanya “bagaimana untuk tingkat kesulitannya ?” atau “makah yang lebih mudah ?”. Sebenarnya, untuk kedua tes ini memiliki tingkat kesulitan yang relatif sejajar berdasarkan pendapat subyektif dari masing-masing orang. Sedangkan untuk durasi tesnya, IELTS hanya memakan waktu sekitar 2 jam 45 menit guys, relatif lebih singkat jika kita coba bandingkan dengan TOEFL yang umumnya berlangsung hampir 4 jam lamanya. Dan yang terakhir mengenai biaya dari kedua tes ini, IELTS membutuhkan biaya yang lebih besar jika dibandingkan dengan TOEFL. Perbandingannya jika  TOEFL kita butuh biaya sekitar $ 175 maka untuk biaya IELTS kita membutuh biaya sekitar $ 195.

Oke guys, sekian dulu pembahasan dasar dari aku mengenai IELTS. Semoga bermanfaat, see you soon at the next my article..

0 komentar:

Posting Komentar